Resensi Novel : Diary Pramugari; Sex, Cinta & Kehidupan

RESENSI NOVEL DIARY PRAMUGARI: SEKS, CINTA DAN KEHIDUPAN

(RESENSI INI SAYA IKUT SERTAKAN DALAM LOMBA RESENSI YANG DIADAKAN OLEH PENERBIT DAN PERCETAKAN POHON CAHAYA. SAYA MOHON DUKUNGAN TEMAN-TEMAN SEKALIAN UNTUK ME-LIKE ATAU MEMBERIKAN KOMENTAR TERHDAP KARANGAN RESENSI YANG SAYA BUAT INI. DEADLINENYA TANGGAL 30 JUNI 2013. TERIMAKASIH BANYAK UNTUK SEGALA BANTUAN, DOA, DAN DUKUNGANNYA. GBU FULL. J)



IDENTITAS NOVEL

Judul Buku : Diary Pramugari; Sex, Cinta & Kehidupan
Pengarang : Agung Webe
Penerbit : Pohon Cahaya
Tahun terbit : 2012
Tebal buku : 352 halaman
ISBN : 978-602-97133-3-6

RESENSI NOVEL
Dont jugde the book by its cover. Kalimat ini sungguh pantas diberikan kepada novel ini. Dari segi cover nampak bahwa novel ini akan menceritakan hal-hal yang vulgar. Kenyataannya novel ini tidak sedikitpun menunjukkan hal-hal yang vulgar melainkan mengajak kita untuk memaknai kehidupan dari segi agama, cinta sampai seputar seks. Tokoh utama dalam novel ini adalah Jingga. Ia adalah seorang gadis kelahiran Solo yang memiliki wajah cantik dan tubuh menarik. Cita-citanya adalah ingin menjadi seorang Pramugari yang dapat bekerja mandiri dan dapat membiayai kedua adik laki-lakinya. Dengan hal itu, konsekuensinya adalah ia akan jauh dari keluarga.
Jingga adalah sosok perempuan Muslim yang sangat taat pada tradisi dan agama, tetapi masih mengalami kekosongan batin. Ketika memulai kariernya menjadi seorang Pramugari, ia mulai merasakan kehidupan yang sesungguhnya, dimana kehidupan itu sangat bertentangan dengan apa yang ia yakini dan jalani selama ini.
Dalam pendidikan menjadi Pramugari, Jingga dipertemukan oleh Anya dan Puri, Pramugari yang menjadi sahabat Jingga dan mengajarkan banyak hal tentang kehidupan. Nampak perbedaan idealisme antara Jingga dan Anya yang menjadi bumbu dalam novel ini. Seperti tertera pada halaman 27-28, Aku tidak percaya dengan agama, jawab Anya ketika ditanya oleh Jingga tentang agama dan dosa.
Anya adalah seorang yang sangat mempercayai keberadaan Tuhan namun tidak mau menganut agama apapun. Ia memiliki falsafah hidup yang luas dan komitmen terhadap hubungan seks dengan pacarnya, sedangkan Puri adalah seorang hyperseks dari keluarga super kaya, yang akhirnya menemukan cintanya namun dalam keadaan tragis. Jingga menjadikan Anya sebagai sahabat sekaligus guru dalam memahami kehidupan. Puri ia anggap sebagai seorang sahabat yang perlu dibimbing karena perilaku seks bebasnya.
Traumanya akan pengalaman pelecehan seksual saat masih duduk dibangku sekolah membuat Jingga memiliki pandangan yang sempit terhadap laki-laki. Ia benci berhubungan dengan laki-laki. Kebenciannya semakin memuncak ketika ia tahu bahwa ibunya memaksa bapaknya untuk menikahi perempuan muda. Itu semua dilakukan dengan alasan yang sangat kuat, yaitu karena penyakit yang diderita ibunya dan rahasia masa lalu hidup rumah tangga mereka.
Penolakannya terhadap setiap laki-laki yang mendekatinya sangat nampak. Jingga pun juga menunjukkan sikap dinginnya terhadap Alvin, sang maskapai penerbangan yang terpikat dengan Jingga sejak pertama kali bertemu.
Tuntutan untuk bekerja secara professional sebagai seorang Pramugari membuat Jingga semakin matang dan dewasa. Jingga mengalami masa-masa yang berat dan ia merasa ditinggalkan oleh semua orang yang ia cintai. Bapak yang menikah lagi, Ibu yang meninggal karena sakit, Anya yang mendahuluinya karena kecelakaan, dan Puri yang tiba-tiba menghilang karena kehamilannya di luar nikah.
Tak disangka, setelah kepergian Anya, Jingga akhirnya bertemu dengan Bapak Gede Prabawa. Pak Gede adalah seorang guru spiritual baru Jingga. Bagi Jingga, Pak Gede adalah sosok Anya yang baru yang akan membantunya memahami kehidupannya dan tumpuan ketika ia sedang menghadapi masalah
Di akhir cerita diungkapkan bahwa Jingga bukanlah anak dari seseorang yang selama ini ia panggil Bapak. Banyak hal yang mengharukan, banyak rahasia masa lalu yang terungkap, dan banyak makna hidup yang Jingga peroleh selama ia memulai kariernya sebagai seorang Pramugari.
Penulis menyajikannya dengan sangat apik. Kisah nyata ini dikemas secara menarik menggunakan bahasa yang sederhana dan komunikatif, sehingga mudah dipahami oleh semua orang. Terselip juga beberapa penggal cerita yang mengajarkan kita tentang falsafah hidup.
Novel ini sangat pantas bagi pembaca yang rindu untuk mereguk kebijaksanaan hidup. Dari kisah nyata ini, penulis mengajak pembaca agar dapat belajar dari kisah seorang Pramugari yang kehidupannya sering dipandang sebelah mata. Kenyataannya, dari kehidupan Pramugari yang terlihat glamour itu kita diajarkan untuk memainkan peran hidup kita masing-masing secara professional serta mengajarkan kita bagaimana dapat melayani orang lain dan menerima kenyataan hidup dengan hati yang tulus dan ikhlas.

Comments

meggy said…
PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

- Adu Q
- Bandar Q
- Bandar Sakong
- Bandar Poker
- Poker
- Domino 99
- Capsa Susun
- BANDAR66 / ADU BALAK
- Perang Baccarat ( GAME TERBARU )

Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
* Minimal Deposit : 20.000
* Minimal Withdraw : 20.000
* Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
* Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
* Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
* Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
* Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
* Poker Online Terpercaya
* Live chat yang Responsive
* Support lebih banyak bank LOKAL


Contact Us

Website SahabatQQ
WA 1 : +85515769793
WA 2 : +855972076840
LINE : SAHABATQQ
FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
TWITTER : SahabatQQ
YM : cs2_sahabatqq@yahoo.com
Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop

Daftar SahabatQQ
#sahabatQQ #winsahabatQQ #winsahabat #megasahabatQQ #megasahabat #windaftar

Popular posts from this blog

My Chevening Journey #1

My Reflection on Winning Chevening Interview 2020/2021 #2